PENGUMUMAN DAFTAR PENERIMA ASURANSI DORMAN PERIODE JANUARI 2020

PENGUMUMAN

DAFTAR PENERIMA ASURANSI DORMAN

PERIODE JANUARI 2020

Nomor : PENG.010/PEN-PPP/I/2020

 

Bersama ini diumumkan kepada para PMI dan eks PMI Korea, bahwa HRD Korea telah menetapkan Proses Permohonan Asuransi Dorman melalui Indonesia EPS Center sebagai perwakilan dari HRD Korea di Indonesia.

Dorman artinya tidak aktif, jadi asuransi ini bukan asuransi baru. Asuransi Dorman adalah Asuransi Jaminan Kepulangan (biasa disebut pesangon) dan Asuransi Biaya Kepulangan (biasa disebut asuransi tiket) dari Samsung Hwajae yang tidak diklaim oleh PMI sebagai pemilik polis hingga habis masa berlakunya yaitu 3 (tiga) tahun setelah waktu kepulangan, dikarenakan lupa melakukan klaim atau PMI yang bersangkutan belum kembali ke tanah air karena melanjutkan kerja secara ilegal. Hanya PMI yang namanya tercantum pada daftar penerima yang dapat mengajukan asuransi Dorman (terlampir).

Bagi PMI maupun eks PMI yang namanya tercantum pada lampiran merupakan PMI/eks PMI yang belum mengajukan permohonan klaim uang asuransi Samsung Hwajae sebelum pulang ke Indonesia, dan dipersilakan mengajukan klaim melalui Indonesia EPS Center, HRD Korea.

Berikut tata cara pengajuan Asuransi Dorman:

  1. Pengajuan klaim oleh eks PMI Korea selaku pemilik polis:
    1. Mengunduh formulir Pengajuan Asuransi Dorman (terlampir).
    2. Mengisi formulir Pengajuan Asuransi Dorman. Formulir diisi dengan tulisan tangan atau diketik, menggunakan huruf kapital (huruf besar) dengan jelas agar mudah terbaca, dan menggunakan tinta hitam/biru (lihat contoh pada lampiran). Nomor Registrasi Warga Asing adalah Nomor KTP di Korea, apabila tidak ingat atau tidak memiliki salinannya silahkan dikosongkan.
    3. Fotokopi / scan berwarna paspor (bagian paspor yang memperlihatkan foto, nama, tanggal lahir, dan nomor paspor) baik paspor lama maupun paspor perpanjangan yang digunakan selama bekerja di Korea masing-masing 1 (satu) lembar.
    4. Fotokopi / scan berwarna stempel kepulangan di Bandara Internasional Incheon 1 (satu) lembar.
    5. Fotokopi / scan berwarna Kartu Registrasi Warga Asing, jika ada.
    6. Fotokopi / scan berwarna buku tabungan atas nama eks PMI Korea sendiri ( tuliskan SWIFT CODE  BANK dan nomor rekening dengan jelas, SWIFT CODE  BANK dapat ditanyakan kepada petugas bank dimana Anda menabung. Contoh: BRI, SWIFT CODE-nya BRINIDJA).
    1. Fotokopi / scan berwarna Surat laporan rencana kepulangan (yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Korea), jika ada.
    2. Tuliskan pada email, alamat tempat tinggal saat ini beserta kode pos dengan benar, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email aktif.

 

  1. Pengajuan yang diwakilkan oleh Penerima Kuasa
    1. Mengunduh formulir Pengajuan Asuransi Dorma (terlampir).
    2. Fotokopi / scan berwarna formulir Pengajuan Asuransi Dorman yang sudah diisi. Formulir diisi dengan tulisan tangan atau diketik, menggunakan huruf kapital (huruf besar) dengan jelas agar mudah terbaca, dan menggunakan tinta hitam/biru (lihat contoh pada lampiran). Nomor Registrasi Warga Asing (???????) adalah Nomor KTP di Korea, apabila tidak ingat atau tidak memiliki salinannya silahkan dikosongkan.
    3. Fotokopi / scan berwarna paspor (bagian paspor yang memperlihatkan foto, nama, tanggal lahir, nomor paspor ) baik paspor lama maupun paspor perpanjangan yang digunakan selama bekerja di Korea masing-masing 1 (satu) lembar.
    4. Fotokopi / scan berwarna paspor atau KTP penerima kuasa.
    5. Mengunduh formulir Surat Kuasa Permohonan Pembayaran Asuransi Dorman (terlampir).
    6. Fotokopi / scan berwarna formulir Surat Kuasa Permohonan Pembayaran Asuransi Dorman yang sudah diisi. Formulir diisi dengan tulisan tangan atau diketik, menggunakan huruf kapital (huruf besar) dengan jelas agar mudah terbaca, dan menggunakan tinta hitam/biru (lihat contoh pada lampiran).
    7. Fotokopi / scan berwarna Surat keterangan resmi hubungan keluarga yang sah (KK, Buku Nikah).
    8. Fotokopi / scan berwarna buku tabungan atas nama eks PMI Korea sendiri atau penerima kuasa ( tuliskan SWIFT CODE  BANK dan nomor rekening dengan jelas, SWIFT CODE BANK dapat ditanyakan kepada petugas bank dimana Anda menabung. Contoh: SWIFT CODE-nya BRINIDJA).
    9. Fotokopi / scan berwarna Surat laporan rencana kepulangan (yang dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja Korea) *jika ada.
    10. Tuliskan pada email, alamat tempat tinggal saat ini beserta kode pos dengan benar, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email aktif.

 

  1. Pengajuan yang diwakilkan jika pemilik polis meninggal dunia:
    1. Mengunduh formulir Pengajuan Asuransi Dorman (terlampir).
    2. Fotokopi / scan berwarna formulir Pengajuan Asuransi Dorman yang sudah diisi. Formulir diisi dengan tulisan tangan atau diketik, menggunakan huruf kapital (huruf besar) dengan jelas agar mudah terbaca, dan menggunakan tinta hitam/biru (lihat contoh pada lampiran). Nomor Registrasi Warga Asing (???????) adalah Nomor KTP di Korea, apabila tidak ingat atau tidak memiliki salinannya silahkan dikosongkan.
    1. Fotokopi / scan berwarna paspor (bagian paspor yang memperlihatkan foto, nama, tanggal lahir, nomor paspor ) baik paspor lama maupun paspor perpanjangan yang digunakan selama bekerja di Korea masing-masing 1 (satu) lembar.
    2. Fotokopi / scan berwarna Surat keterangan kematian (yang dikeluarkan Rumah Sakit atau lembaga pemerintah setempat), atau surat keterangan meninggal akibat kecelakaan yang dikeluarkan oleh Kepolisian.
    3. Fotokopi / scan berwarna Surat keterangan resmi hubungan keluarga yang sah (KK, Buku Nikah).
    4. Fotokopi / scan berwarna buku tabungan ahli waris (tuliskan SWIFT CODE  BANK dan nomor rekening dengan jelas, SWIFT CODE BANK dapat ditanyakan kepada petugas bank dimana Anda menabung. Contoh: BRI, SWIFT CODE-nya BRINIDJA).
    5. Fotokopi / scan berwarna paspor atau KTP ahli waris.
    6. Fotokopi / scan berwarna Surat kuasa ahli waris yang disahkan oleh lembaga resmi/pemerintah.
    7. Tuliskan pada email, alamat tempat tinggal saat ini beserta kode pos dengan benar, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email aktif.

 

Persyaratan Dokumen di atas dimasukkan ke dalam amplop coklat dan diberi keterangan “Pengajuan Uang Asuransi Dorman” di pojok kanan atas dikirim ke

INDONESIA EPS CENTER

HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT SERVICE OF KOREA

WISMA KORINDO LT. 9, JL. MT. HARYONO KAV. 62 JAKARTA SELATAN 12780

atau dapat dikirim melalui email dengan cara mengirimkan scan (HANYA DISCAN, BUKAN DIFOTO) semua persayaratan ke indonesia.eps@gmail.com dengan mencantumkan “Pengajuan Uang Asuransi Dorman” pada subject email.

Pertanyaan terkait Asuransi Dorman dapat disampaikan kepada Indonesia EPS Center melalui (021) 7918-6012, (021) 7918-6014 pada jam kerja Indonesia EPS Center (Senin-Jumat, Pukul 08.00-16.30 WIB).

Demikian kami sampaikan dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Jakarta, 10 Januari 2020

Direktur

Pelayanan Penempatan Pemerintah

 

TTD

 

Ir. Arini Rahyuwati, MM

NIP. 19610203 198703 2 001

Lampiran:
1. Lampiran Daftar Penerima Asuransi Dorman Periode Januari 2020.pdf
2. FORMULIR ASURANSI DORMAN.pdf
3. FORMULIR SURAT KUASA ASURANSI DORMAN.pdf
4. CONTOH_PENGISIAN_FORMULIR_ASURANSI_DORMAN.pdf
5. CONTOH_PENGISIAN_SURAT_KUASA_ASURANSI_DORMAN.pdf

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *