PENGUMUMAN KELULUSAN TAMBAHAN DAN PEMBAGIAN SERTIFIKAT KELULUSAN DIGITAL (e-SERTIFIKAT) UJIAN SEKTOR PERIKANAN DENGAN SISTEM POIN EPS TAHUN 2019

PENGUMUMAN KELULUSAN TAMBAHAN DAN PEMBAGIAN SERTIFIKAT KELULUSAN DIGITAL (e-SERTIFIKAT) UJIAN SEKTOR PERIKANAN DENGAN SISTEM POIN EPS TAHUN 2019

Nomor : Peng. 710 /PEN-PPP/XII/2019

 

Sesuai dengan surat HRD Korea Nomor EPSS-4166 tanggal 3 Desember 2019 perihal pengumuman tambahan peserta yang lulus pada Ujian Tahap II dengan Sistem Poin (Sektor Perikanan) di Indonesia tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober s.d 03 November 2019 di Universitas Negeri Semarang, bersama ini diberitahukan sebagai berikut :

  1. Berdasarkan surat dari HRD Korea sebagaimana tersebut di atas, HRD Korea menetapkan penambahan jumlah peserta yang lulus. Jumlah Tambahan Peserta yang dinyatakan lulus Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) dan Ujian Tahap II (Tes Keterampilan dan Tes Kompetensi) Sektor Perikanan dengan Sistem Poin EPS Tahun 2019 sebanyak 10 orang (terlampir).
  2. Penetapan hasil kelulusan Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) dan Ujian Tahap II (Tes Keterampilan dan Tes Kompetensi) Sektor Perikanan dengan Sistem Poin EPS Tahun 2019 sepenuhnya merupakan kewenangan pihak HRD Korea dan hasil penetapan kelulusan tidak dapat diganggu gugat.
  3. Peserta yang dinyatakan lulus Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) dan Ujian Tahap II (Tes Keterampilan dan Tes Kompetensi) Sektor Perikanan dengan Sistem Poin EPS Tahun 2019 akan memperoleh username dan password untuk mengunduh (download) sertifikat kelulusan digital (e-sertifikat) yang akan dibagikan di Kantor BP3TKI/LP3TKI terdekat sesuai dengan alamat peserta yang dicantumkan pada saat pra pendaftaran (daftar terlampir).
  4. Hanya Peserta yang lulus Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) dan Ujian Tahap II (Tes Keterampilan dan Tes Kompetensi) Sektor Perikanan dengan Sistem Poin EPS Tahun 2019 yang akan memperoleh sertifikat kelulusan.
  5. Sertifikat kelulusan tersebut merupakan salah satu syarat untuk melamar bekerja di perusahaan Korea.
  6. Pengambilan sertifikat kelulusan tidak boleh diwakilkan dan tidak boleh kolektif, dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan serta dilakukan verifikasi sidik jari / finger print.
  7. Peserta Ujian Sektor Perikanan Dengan Sistem Poin Tahun 2019 yang telah lulus ujian dapat mengambil username dan password masing-masing pada :
    1. Tanggal         : 05  s.d. 11 November 2019 (kecuali hari Sabtu dan minggu, serta hari libur nasional)
    2. Waktu           : Pukul 09.00 s.d. 15.30 (Waktu Setempat)
    3. Jadwal & Lokasi Pengambilan Username dan Password masing-masing CPMI di Kantor BP3TKI/LP3TKI  sesuai dengan daftar terlampir (lihat lampiran).
    4. Alamat Kantor BP3TKI/LP3TKI  sebagaimana tersebut di bawah ini:
       NO NAMA

      BP3TKI/LP3TKI

      ALAMAT
      1. BP3TKI Bandar Lampung Jl. Untung Suropati 21A Kampung Baru, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Telp.0721-774385/8011422, Fax.0721-774385
      2. BP3TKI Bandung Jl Soekarno Hatta No 587 Kiara Condong, Bandung, Jawa Barat,Telp/Fax 022-7336965
      3. BP3TKI Semarang Jl Kalipepe III/64 Pudak Payung, Semarang, Jawa Tengah

      Telp. 024-70799273, Fax.024-7477223

      4. LP3TKI Surabaya Jl. Bendul Merisi No.2 Kel. Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya,  Jawa Timur. Telp. 031-8434448 Fax 031-99842203
  1. Masing-masing Calon PMI (CPMI) akan mendapatkan username dan password yang akan digunakan untuk :
  1. Mengakses dan mengunduh/download e-sertifikat Kelulusan
  2. Melakukan pengiriman dokumen lamaran melalui sistem online
  3. Melakukan perbaikan lamaran melalui sistem online
  4. Memperoleh informasi dan mengajukan pertanyaan atau permasalahan terkait proses penempatan Program G to G Korea melalui layanan CERGAS
  1. Syarat-syarat pengambilan username dan password adalah sebagai berikut:
  1. Peserta ujian yang lulus harus datang sendiri mengambil username dan password.
  2. Menunjukkan potongan asli lembar pendaftaran ujian (Kartu Ujian).
  3. Menunjukkan KTP/Surat Keterangan Pengganti KTP/Paspor asli yang dipergunakan saat mendaftar.
  4. Verifikasi finger print/sidik jari yang bersangkutan oleh petugas verifikator BP3TKI/LP3TKI.
  1. Print Out Username dan password masing-masing CPMI hanya dapat dicetak satu kali. Kehilangan username dan password adalah tanggung jawab Calon PMI (CPMI). Username dan password yang hilang tidak dapat diganti dengan alasan apapun.
  2. Peserta yang telah lulus ujian harus menjaga kepemilikan username, password, dan E-sertifikat Kelulusan tersebut serta tidak boleh diserahkan kepada orang lain yang tidak mengikuti atau tidak lulus Ujian dimaksud dengan alasan apapun.
  3. e-Sertifikat kelulusan Ujian Sektor Perikanan Dengan Sistem Poin Tahun 2019 adalah persyaratan mengikuti preliminary education bagi Calon PMI (CPMI)  yang telah mendapatkan Standard Labor Contract (SLC).
  4. Pengiriman lamaran online dapat dilakukan mulai tanggal 5 Desember 2019 melalui website http://g2g.bnp2tki.go.id.
  5. Persyaratan dokumen lamaran online sebagai berikut:
  1. Scan KTP yang masih berlaku
  2. Scan Paspor yang masih berlaku minimal 1 (satu) tahun
  3. Bagi yang belum memiliki paspor, dapat mengajukan rekomendasi paspor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, dengan menggunakan ID TKI yang terlampir pada pengumuman ini.
  4. Scan Hasil Medical Check up yang harus sesuai dengan formulir Medical Check up sesuai ketentuan (terlampir) di Sarana Kesehatan (Rumah Sakit/Klinik) penyelenggara pemeriksaan kesehatan Calon PMI (CPMI) yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI (silahkan download Daftar Sarana Kesehatan Pemeriksa Kesehatan CPMI pada lampiran pengumuman ini). Medical Check Up (MCU) terdiri dari :

 

1. Physical Report

–  Height                                     –  Blood Pressure

–  Weight                                                –  Visual Acuity

–  Color Vision                            –  Audiometry

(Color Vision Blindness Test)

2. Laboratory Report

a)  Urinalysis :                            b ) Liver Function :

–  Urine Glicose                          – Serum GOT

–  Urine Protein                           – Serum GPT

–  Urine Blood

c)  T. Cholestrol :                       d ) Anemia :

–  T-Cholestrol                            – Hematocrit

e)  Blood Type :                         f ) Chest X-ray :

–  ABO                                        – Film No.

–  RH                                          – Finding

3. Epidemic Disease

a)  Hepatitis :                              b ) HIV/AIDS :

–  HBs Ag                                   – AIDS

b)  Syphilis :

–  VDRL

  1. Exam for Positives

a)  Hepatitis :                             b ) HIV/AIDS :

–  Hbe Ag                                    – AIDS

–  Hbe Ab

c)  Syphilis :                               d ) Chest P.A :

–  TPHA                                      – Film No.

– Finding

*Hasil pemeriksaan kesehatan (Medical Check Up) harus meliputi SELURUH HASIL pemeriksaan tersebut di atas/sesuai formulir hasil pemeriksaan kesehatan terlampir dan mencantumkan keterangan hasil pemeriksaan yaitu SEHAT/FIT TO WORK. Jika tidak memenuhi hal tersebut, maka pengajuan lamaran akan dikembalikan.

  1. Scan Surat ijin keluarga yang ditandatangani diatas meterai Rp. 6000 dan diketahui Lurah/Kepala Desa dengan stempel cap basah
  2. Scan Kartu Pencari Kerja (AK-1)
  3. Scan Buku tabungan pribadi atas nama Calon PMI (CPMI)
  4. Scan Akta Kelahiran
  1. Cara pengajuan lamaran online dengan mencantumkan nomor telepon (HP) dan email pribadi yang harus aktif dan tidak berubah selama jangka waktu 2 (dua) tahun.
  1. Semua persyaratan dokumen lamaran di upload pada Menu Pengajuan Lamaran melalui website http://g2g.bnp2tki.go.id
  2. Dokumen lamaran online yang telah terkirim tidak dapat diperbaiki kembali, oleh karena itu harap mengisi dengan hati-hati. Untuk mengetahui perkembangan lamaran online, CPMI dimohon untuk melakukan pengecekan secara berkala pada website http://g2g.bnp2tki.go.id menggunakan username dan password masing-masing.
  1. Lulus Ujian Tahap I (EPS-TOPIK) dan Ujian Tahap II (Tes Keterampilan dan Tes Kompetensi) Sektor Perikanan dengan Sistem Poin EPS Tahun 2019 bukan jaminan dapat diterima bekerja di Korea karena perusahaan/pengguna di Korea yang akan memilih calon pekerja.
  2. Masa berlaku e-sertifikat Kelulusan adalah 2 (dua) tahun terhitung sejak pengumuman hasil Ujian Sektor Perikanan Dengan Sistem Poin Tahun 2019.
  3. Calon PMI (CPMI) agar selalu memantau setiap informasi terkait proses penempatan di website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id.

Demikian disampaikan agar maklum.

 

Jakarta, 04 Desember 2019

Plh. Direktur

Pelayanan Penempatan Pemerintah

TTD

Nugroho Pratiknyo, S.Kom.

NIP.19700106 199603 1 001

Lampiran:
1. Lampiran Pengumuman Hasil Ujian CBT Perikanan 2019 Tambahan.pdf

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *