BUDAYA DAN ETOS KERJA DI NEGARA JEPANG DAN KOREA SELATAN

BUDAYA KERJA DI NEGARA JEPANG

1. Bushido
Bushido adalah prinsip tentang semangat kerja keras yang diwariskan secara turun-temurun. Semangat ini telah melahirkan proses belajar bangsa Jepang yang tak kenal lelah.
2. Samurai
Prinsip samurai adalah prinsip tidak mudah menyerah. Prinsip samurai masih tertanam kuat dalam sanubari bangsa Jepang, prinsip ini tidak hanya digunakan untuk berperang melainkan untuk membangun ekonomi, menjaga harga diri, kehormatan bangsa secara teguh, serta tak menyerah pada berbagai bencana alam, terutama gempa dan tsunami.
3. Keishan
Adalah suatu Konsep budaya yang menuntut kerajinan, kesungguhan, minat dan keyakinan, hingga akhirnya timbul kemamuan untuk selalu belajar dari orang lain. Caranya adalah seorang pekerja harus selalu kreatif, inovatif, dan produktif.
4. Kaizen
Prinsip kaizen adalah optimal biaya dan waktu dalam menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Hal itu mendorong bangsa Jepang untuk berkomitmen tinggi pada pekerjaan dan diselesaikan sesuai jadawal agar tidak menimbulkan pemborosan. Jika tak mengikuti jadwal, maka penyelesaian pekerjaan akan lambat dan menimbulkan kerugian. Oleh karena itu, perusahaan di Jepang menerapkan peraturan “tepat waktu” bagi para pekerjanya.

5. Senioritas
Jepang adalah salah satu negara yang masih memegang teguh senioritas. Ada istilah senior (Senpai) dan junior (Kouhai). Pekerja yang muda harus patuh kepada pekerja yang lebih tua bila diberi perintah. Senior harus mengarahkan dan mengajari juniornya, sedangkan junior wajib menghormati dan mengikuti perintah seniornya.

BUDAYA KERJA DI NEGARA KOREA SELATAN

1. Kedisiplinan
Masyarakat Korea Selatan terkenal disiplin. Bahkan, seorang yang sudah menjadi direktur berangkat kerja lebih pagi dari karyawannya.
2. Kejujuran
Masyarakat Korea Selatan cenderung tidak suka berbohong. Contohnya, apabila tas atau dompet ketinggalan di kereta, masyarakat Korea Selatan tidak akan mau mengambil, tapi menyerahkannya ke kantor polisi lalu dikembalikan kepada yang punya.
3. Teguh pendirian

Prinsip hidup masyarakat Korea Selatan, apabila ingin mempunyai kehidupan yang baik, maka harus berjuang sekuat tenaga supaya sukses. Tidak suka menunda-nunda waktu dan bermalas-malasan, bahkan membuang waktu untuk hal tidak penting.
4. Percaya roda kehidupan
Masyarakat Korea Selatan percaya bahwa roda kehidupan itu selalu berputar. Masyarakat korea selatan percaya bahwa Setiap hari selalu ada pilihan pilihan untuk menentukan arah hidup.
5. Amanah
Terakhir yang paling membedakan adalah amanah. Mereka bisa dipercaya terhadap suatu tanggung jawab yang dibebankan. Masyarakat korea selatan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan.

Naahh temen-temen itu tadi beberapa etos kerja di Negara Jepang maupun Korea Selatan yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk magang atau kerja ke kedua Negara tersebut.
Selamat Berjuang, Semoga Kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
Salam Lentera

KERJA KOREA DAN MAGANG JEPANG
PUSDIKLAT LENTERA
Jl. Magelang – Jogja Km. 7 Pare Blondo Mungkid Magelang Jawa Tengah.
Telp. (0293) 3301611. WA/SMS : 081215101880 / 085877877637. IG : pusdiklat_lentera

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *