PENGUMUMAN PEMBERITAHUAN PENTING UNTUK CTKI PROGRAM G TO G KE KOREA SELATAN TERKAIT KONDISI YANG DAPAT MEMBATALKAN STANDART LABOUR CONTRACT (SLC) DAN CCVI DALAM PROSES PENEMPATAN TKI KE KOREA SELATAN

PENGUMUMAN
NOMOR: PENG.404/PEN-PPP/VII/2017

Diberitahukan kepada seluruh CTKI Program G to G ke Korea Selatan, dimohon memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  • Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Republik Korea Selatan terkait  upaya mempercepat masa masuk atau entry period TKI di Korea Selatan dipandang perlu dilakukan langkah – langkah mendukung antara lain :

Pembatalan Standart Labour Contract  atau SLC Pertama  bagi :

  1. Peserta Prelimenary Education (Prelim) yang tidak hadir pada saat pengumuman pemanggilan (tidak dikenal pemanggilan prelim kedua).
  2. Peserta Prelim  terutama yang telah memiliki CCVI tidak melengkapi dokumen sesegera mungkin dengan batas waktu  maksimal 5 hari setelah prelim.
  3. Hasil MCU II CTKI yang  dinyatakan Unfit To Work dikarenakan Corpus  Alienum (benda asing dalam dada), dan Pleuritis (radang selaput pleura) serta sedang menggunakan  pen   penyambungan tulang atau sendi.
  4. CTKI Re Entry yang tidak datang saat panggilan pengumuman pemberkasan.
  5. CTKI terbukti belum mengembalikan ID orang asing di Korea Selatan pada saat meninggalkan Korea Selatan pada penempatan sebelumnya.

Pembatalan CCVI  bagi :

  1. CTKI yang tidak melengkapi dokumen yang dipersyaratkan sampai batas waktu yang telah dijanjikan (maksimal 5 hari setelah Prelim)
  2. CTKI membatalkan jadwal terbang yang telah direncanakan kecuali karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dan dilengkapi dokumen pendukung.
  • Pembatalan SLC Pertama atau CCVI artinya yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri dan yang bersangkutan masih dimungkinkan memiliki kesempatan untuk diproses lebih lanjut  dalam program G to G ke Korea Selatan sepanjang CTKI tidak termasuk dalam kategori sebagaimana dalam butir 1 a dan atau 1 b dan telah  diterbitkan SLC kedua oleh pihak pengguna di Korea Selatan dan CCVI oleh pihak Imigrasi Korea selatan.
  • Pengumuman  butir 1 a dan 1 b  di atas  mulai berlaku tehitung sejak 1 September 2017.
  • Hal – hal lain  dalam  rangka memberikan perlindungan dan kepastian bagi CTKI/TKI program G to G ke Korea Selatan sesuai dengan kualifikasi persyaratan awal pendaftaran program G to G ke Korea Selatan Sistem Poin EPS dan Peraturan Permenkes Nomor 29 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Pemeriksaan  Kesehatan Calon TKI, maka kondisi status CTKI yang dapat dinyatakan Unfit To Work (tidak laik untuk bekerja)  yaitu berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan oleh pihak  rumah sakit yang berwenang membuktikan CTKI/TKI yang bersangkutan mengindap :
  1. Hepatitis (A dan B) Positif
  2. Syphilis Positif (Penyakit Menular Seksual)
  3. Tubercolosis (TB) atau Old TB Positif
  4. Sisa Pleuritis (Radang Selaput Pleura)
  5. Corpus Alienum. (benda asing tampak pada hasil pemeriksaan X-Ray, seperti susuk)
  6. Buta Warna Total atau Parsial
  7. Narkoba Positif
  8. Cacat jari tangan dan kaki (amputasi)
  9. Tidak bertindik aktif
  10. Tidak bertato secara berlebihan (harus tertutup pakaian)
  11. Tidak sedang menggunakan pen penyambungan tulang atau sendi

Demikian diberitahukan dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Jakarta, 18  Juli 2017

Direktur
Pelayanan Penempatan Pemerintah

ttd

R. Hariyadi Agah W, S.IP
NIP. 19590607 198803 1 002

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to PENGUMUMAN PEMBERITAHUAN PENTING UNTUK CTKI PROGRAM G TO G KE KOREA SELATAN TERKAIT KONDISI YANG DAPAT MEMBATALKAN STANDART LABOUR CONTRACT (SLC) DAN CCVI DALAM PROSES PENEMPATAN TKI KE KOREA SELATAN

  1. Erwin says:

    Mau tanya donk Pak/Bu
    Klw program ke korea itu total biaya brp ya keseluruhannya
    Mohon balas via email

    • admin says:

      Terimakasih Atas perhatianya kpd kami
      Untuk biaya kerja korea bertahap sesuai proses yg sedang dilalui . Dan bagi yg kesulitan dg biaya maka sebagian bisay proses bisa dipinjami pemerintah melalui KUR TKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *