PERATURAN UMUM DI NEGARA KOREA SELATAN

Seputar Negara Korea Selatan.
Sebelum kita bekerja di Korea Selatan, akan sangat lebih baik apabila kita mengetahui beberapa peraturan secara umum di negara tersebut untuk meminimalisir terjadinya suatu permasalahan. Berikut adalah beberapa peraturan umum yang berlaku di Negara Korea Selatan :
 
1. Peraturan Membuang Sampah
 
Di Korea Selatan, bagi warga negara/tenaga kerja asing /wisatawan dilarang membuang sampah secara sembarangan. Bagi yang ketahuan membuang sampah sembarangan akan di denda sebesar 1 juta won atau sekitar 8 juta rupiah.
 
2. Peraturan Mengenai Merokok
 
Di Korea Selatan tidak di semua tempat diperbolehkan untuk merokok, bagi orang yg merokok ditempat umum yang ada tanda dilarang merokok, akan mendapat denda sebesar 5 jt won / sekitar 40 jt rupiah.
 
3. Peraturan Bagi Pengguna Internet
 
Di Korea Selatan, bagi warga negaranya yang ingin mengakses internet / pada saat mendaftar ke sebuah website, diharuskan melengkapi datanya dengan identitas lengkap dan wajib sama dengan kartu tanda penduduknya/identitas. Itu artinya tidak boleh ada yang memakai identitas palsu. Hukuman yang akan dilayangkan bagi pengguna internet yang melanggar ketentuan tersebut adalah hukuman penjara 5 tahun.
 
 
4. Peraturan Surat-Surat Kendaraan
 
Di Korea Selatan bagi Tenaga Kerja asing diperbolehkan untuk memiliki kendaraan bermotor, dan bagi yang memiliki kendaraan bermotor,maka untuk kelengkapan surat-suratnya (seperti STNK/SIM) harus dibayar per 1 tahun.
 
5. Peraturan Berkendara
 
Di Korea Selatan, wajib mematuhi setiap peraturan dan rambu2 yang berlaku. Dan bagi seorang pengendara yang ditemukan memiliki kadar alkohol sebesar 0.05% didalam darahnya, maka akan dikenai denda sebesar 500.000 won atau sekitar 4,5 juta rupiah. Ditambah lagi SIM mereka akan ditahan selama 100 hari dan juga diwajibkan mengikuti training berkendara agar tahu betapa bahayanya mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Jika kadar alkoholnya lebih tinggi lagi,bukan hanya denda tetapi ditambah kurungan maksimal selama 2 tahun.
 
6. Peraturan Lalu Lintas dan Pejalan Kaki
 
Di negara ini, pejalan kaki harus setia menunggu lampu hijaunya (lampu khusus pejalan kaki). Jika sudah menyala hijau baru mereka bisa menyeberang, walaupun kendaraan tak ada yang lewat. Di Korea selTn, jalur busway hanya membutuhkan cat warna biru untuk membuat garis sebagai penanda batas jalur. Jika ada yg melanggar, siap siap saja setelah satu minggu akan datang denda ke rumah pelanggar. Dendanya sebesar 70.000 won. Bagi yang tidak membayar denda tersebut, maka mobilnya tidak akan bisa dijual. Di Korea Selatan, kendaraan bermotor harus dilakukan pergantian dengan yang baru setelah menginjak waktu 5 tahun.
 
7. Peraturan Menghormati Orang Tua
 
Di negara ini, saat orang tua menyajikan minum kepada kita, terimalah dengan kedua tangan. Setelah menerima dengan kedua tangan, kita wajib menganggukkan kepala sedikit dan menyeruput minuman tersebut sebagai tanda penghormatan. Saat makan bersama di satu meja, jangan memulai makan sebelum orang tua memulainya terlebih dahulu. Begitu pula saat selesai makan, jangan meninggalkan meja makan sebelum orang tua beranjak dari meja makan.
 
 
KERJA KOREA DAN MAGANG JEPANG PROGRAM RESMI PEMERINTAH
 
PUSDIKLAT LENTERA
Jl. Magelang – Jogja Km. 7 Pare Blondo Mungkid Magelang Jawa Tengah.
Telp. (0293) 3301611 – Hot Line / WA : 0812 1510 1880 / 0858 7787 7637
Tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *